Saturday 18 September 2010

Hari Raya yang Tidak Seperti Hari Raya


images taken from : http://browse.deviantart.com/?qh=&section=&q=lebaran#/d1x458q



Pasti semuanya udah pada tau kalo gw bakal nulis tentang sebuah perayaan hajatan terbesar di dunia.. Lebay deh gw nulisnya tapi rasanya emang seperti itu, karena yang merayakan memiliki jumlah penganut yang sangat banyak.. Sebanyak bintang di langit, dan sebanyak pasir di pantai.. Okey, santai aja kaya di pantai..

Karena gw juga serem kalo sampe tulisan gw dibaca sebuah ormas dan gw harus mati konyol dengan mulut menganga karena overdosis morfin.. Santai ya bang-bang ormas, gw cinta damai kok.. :) Lagian tulisan gw ini sebenernya merepresentasiin perayaan yang ada di keluarga gw..
Namanya lebaran, biasanya seluruh anggota keluarga bahkan 'trah' berkumpul' buat merayakan dan saling sungkem maaf-memaafkan.. Banyak cerita sebelum acara sungkeman, seperti perjalanan ketika turut merayakan arus mudik.. Keluarga gw pun merayakan lebaran ini, walo gw non-muslim tapi seluruh keluarga besar gw semuanya muslim..

Well, langsung aja.. Di keluarga gw, taun ini gak seperti hari raya lebaran.. Sampe di Hari h pun, nyokap gw kebingungan buat ngirim sms ucapan lebaran karena dia gak tau udah taun berapa Hijriyah sekarang.. Beberapa keluarga gak dateng, yah mungkin dipengaruhi nenek buyut gw yang baru aja meninggal, jadi sang pemersatu keluarga udah tiada lagi.. Keluarga yang gak dateng cukup sekadar memberikan ucapan selamat hari raya, dan sungkeman via SMS! wow.. sekarang sungkeman aja udah bisa didigitalisasi.. sungguh besok mungkin kalo jaman gw nikahan, gak usah bikin pesta, karena semua ucapan maupun salam tempel bisa diunduh di dunia maya ini.. Atau gw nikah di dunia maya aja? Bagaimana Devi Carissa, anda mau? hehehe

Bener, sebuah sms berupa :
Kami keluarga besar Subiyakto mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Semoga di hari yang fitri ini kita semua dapat menjadi manusia yang baru. Salam hangat untuk seluruh keluarga di Salatiga. Cukup murah, hanya sekitar 200 perak saja.. Bandingin kalo mereka dateng, belum buat ongkos bensin yang udah berapa aja, masih ditambah salam tempel.. Sungguh mungkin memang Indonesia semakin terkikis budayanya..

Sebenernya ini isu yang udah gak baru lagi, udah sejak lama sih kalo SMS udah bisa menggantikan kehadiran seseorang di suatu tempat.. Tapi lebih enak lagi, dan lebih murah.. Gw minta maaf ke semua temen gw, cukup via Twitter.. :D


Tapi gw sih gak gitu nyesel, yang penting salam tempel jalan terus.. Dan gw serasa dapet gaji ke tiga belas.. :D Mungkin yang abis baca ini mau kasih salam tempel juga? Boleh..boleh.. :)


At least, selamat hari raya Idul Fitri (lupa tahun Hijriyah) dan semoga amal ibadah kita diterima.. Dilahirkan kembali menjadi pribadi yang baru (kayanya mak gw gak mau deh kalo ngelahirin gw lagi).. Dan buat yangmasih jomblo, doa gw semoga kalian cepat berubah status.. :p

No comments:

Post a Comment